Syarat – syarat dan ketentuan berlangganan jasa telekomunikasi bergerak selular pasca bayar PT. Hutchison 3 Indonesia

 

Berikut ini adalah perjanjian berlangganan layanan telekomunikasi bergerak selular pasca bayar H3I antara Pelanggan dan PT. Hutchison 3 Indonesia (“H3I”) yang berisikan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan umum yang harus dipatuhi oleh Pelanggan (“Perjanjian”).

 

A. Definisi

Dalam Perjanjian ini, kecuali Konteksnya mensyaratkan lain. Istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berlkut :

 

1. "H3I" adalah perusahaan yang berdasarkan hukum yang berlaku merupakan penyelenggaraan jaringan dan jasa telekomunikasi bergerak seluler.

 

2. "Pelanggan" adalah orang atau badan hukum atau instansi pemerintahan yang merupakan pelanggan H3I, yang menggunakan layanan telekomunikasi H3I berdasarkan Perjanjian Pelanggan;

 

3. "Perjanjian Pelanggan" adalah Perjanjian ini beserta ketentuan-ketentuan lain yang disampaikan oleh H3I kepada Pelanggan pada saat penyerahan Formulir Berlangganan dan atau formulir lainnya yang kemudian ditandatangani oleh Pelanggan sehubungan dengan penggunaan layanan telekomunikasi H3I;

 

4. "Formulir Berlangganan" adalah formulir yang tertera di halaman muka Perjanjian ini untuk ditandatangani oleh pemohon yang ingin menjadi Pelanggan dan juga sebagai pernyataan persetujuan Pelanggan atas Perjanjian ini;

 

5. "Biaya'" adalah setiap dan seluruh biaya yang terkait dengan penggunaan jaringan dan/atau jasa telekomunikasi H3I berdasarkan Perjanjian Pelanggan, yang dikenakan oleh H3I dan yang ditetapkan oleh peraturan yang berlaku untuk dibebankan oleh H3I kepada Pelanggan, termasuk (tetapi tidak terbatas pada) biaya berkala tetap, biaya penggunaan, biaya administrasi biaya pembatalan, biaya untuk rnelakukan Koneksi dan Koneksi ulang, biaya perijinan, dan biaya lainnya serta pajak berkenaan dengan pembayaran-pembayaran dari Pelanggan;

 

6. "Customer Service" adalah tim customer service H3I yang bersedia menolong Pelanggan dalam hal Pelanggan memiliki pertanyaan-­pertanyaan dengan menghubungi 123 atau 0896-4-4000-123 atau melalui kunjungan ke gerai customer service H3I;

 

7. "PIN" adalah setiap nomor identifikasi pribadi yang dipergunakan oleh Pelanggan sebagai penunjuk identitas untuk mengakses layanan telekomunikasi H3I;

 

8. "Content" adalah setiap data, gambar, grafik ilustrasi video/audio, aplikasi, informasi lainnya atau content multimedia lainnya yang dapat diperoleh atau diakses dengan menggunakan layanan telekomunikasi H3I;

 

9. "Kartu SIM" adalah kartu subscriber identity module (SIM) sebagaimana diartikan dalam Corporate Post Paid Connection Agreement yang diserahkan oleh H3I kepada Pelanggan untuk dipergunakan pada telepon seluler atau perangkat lainnya yang cocok untuk memungkinkan Pelanggan mengakses layanan telekomunikasi H3I.

 

B. Ketentuan Umum

1. Perjanjian ini berlaku setelah semua persyaratan untuk berlangganan layanan telekomunikasi bergerak selular pasca bayar H3I yang harus dipenuhi oleh Pelanggan telah dipenuhinya dan disetujui oleh H3I, dengan mengaktifkan Kartu SIM yang diserahkan kepada Pelanggan.

 

2. Pelanggan menjamin dan menyatakan kebenaran dan kelengkapan data dan dokumen pendukung lainnya yang diberikan olehnya sehubungan dengan permohonan Pelanggan untuk menggunakan layanan telekomunikasi H3I dan Pelanggan harus segera menyampaikan pemberitahuan kepada H3I dalam bentuk tertulis mengenai setiap perubahan berkenaan dengan data dan/atau dokumen tersebut. Pelanggan menyetujui bahwa H3I dapat menggunakan data pelanggan untuk mernproses setiap perrnohonan Pelanggan dan dapat mengirimkan informasi mengenai produk-produk layanan telekomunikasi H3I kepada Pelanggan, termasuk promosi atau penawaran khusus dari para penyedia Content.

 

3. Perjanjian ini berlaku bagi Pelanggan yang menandatangani Formulir Berlangganan, baik untuk dan atas nama pribadi, badan hukum atau instansi pemerintah, dan dalam hal penandatanganan Formulir Berlangganan tidak berhak mewakili secara sah badan hukum atau instansi pemerintah tersebut, maka dengan ini penandatangan menyatakan secara tegas bersedia menanggung segala akibat hukum secara pribadi.

 

4. Dengan tunduk pada ketentuan Perjanjian Pelanggan, maka setelah Pelanggan terhubung dengan jaringan H3I, kepada Pelanggan akan disediakan jasa telekomunikasi H3I di sepanjang jaringan telekomuniKasi H3I dan, jika tersedia, akses kepada jaringan-jaringan lain, dengan didasarkan pada tarif tertentu. Jasa telekomunikasi tersebut juga mencakup layanan-Iayanan yang diminta oleh Pelanggan dan disetujui oleh H3I. Setiap penggunaan jaringan dan/atau jasa telekomunikasi H3I berdasarkan Perjanjian Pelanggan akan dicatat oleh H3I.

 

5. Tidak ada jaminan bahwa layanan telekomunikasi H3I akan terbebas dari kesalahan dan gangguan, dimana pada situasi atau tempat tertentu layanan telekomunikasi H3I tidak tersedia secara terus menerus atau sebagaimana-mestinya.

 

6. Pelanggan hanya dapat mempergunakan layanan telekomunikasi H3I untuk secara pribadi oleh Pelanggan dan tidak boleh menjual kembali atau mengalihkan atau menggandakan secara komersial setiap layanan telekomunikasi H3I, termasuk Content. Seluruh hak termasuk hak cipta dalam layanan telekomunikasi H3I termasuk Content merupakan milik H3I atau para sumber yang terkait, antara lain: penyedia Content. Merek dagang dan gambar-gambar, logo-Iogo dan nama-nama lainnya yang terkait dengan layanan telekomunikasi H3I dimiliki oleh grup perusahaan H3I.

 

7. Pelanggan tidak boleh menggunakan, atau memperbolehkan pihak lain untuk menggunakan layanan telekomunikasi H3I untuk keperluan yang tidak sah atau bersifat melanggar hukum.

 

8. Pelanggan harus mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia dan yurisdiksi lainnya yang relevan dalam kaitannya dengan penggunaan jaringan dan atau jasa telekomunikasi H3I, serta petunjuk lainnya yang secara khusus ditentukan oleh H3I dalam penggunaan setiap layanan telekomunikasi H3I.

 

9. Apabila Pelanggan tidak mematuhi atau melanggar kewajibannya berdasarkan Perjanjian Pelanggan, Pelanggan dengan ini setuju untuk membebaskan H3I dari segala tanggung-jawab, termasuk apabila ada tuntutan dari pihak ketiga, dan setuju untuk mengganti seluruh biaya dan kerugian yang ditanggung H3I akibat pelanggaran Pelanggan tersebut.

 

C. Kartu SIM

1. H3I akan menyediakan Kartu SIM kepada Pelanggan dalam rangka penggunaan layanan telekomunikasi H3I. Kartu SIM tetap merupakan milik H3I namun Pelanggan bertanggung jawab atas setiap dan seluruh penggunaan Kartu SIM, baik oleh Pelanggan sendiri atau pihak lain, termasuk atas seluruh Biaya, dan atas kebijaksanaannya sendiri, H3I dapat menarik kembali Kartu SIM setiap saat untuk melakukan peningkatan (upgrade), modifikasi dan atau pada saat Perjanjian Pelanggan berakhir. Apabila diminta oleh H3I, Pelanggan harus menyerahkan Kartu SIM kepada H3I selambat-lambatnya 7 hari kerja sehak permintaan pengembalian.

 

2. Pelanggan hanya dapat menggunakan Kartu SIM pada telepon seluler atau perangkat lain yang sesuai dan cocok untuk dipergunakan pada jaringan telekomunikasi H3I dan untuk mengakses layanan telekomunikasi H3I serta hukum yang berlaku.

 

3. Pelanggan harus segera mengubah setiap PIN yang diberitahukan oleh H3I kepada Pelanggan pada saat penyerahan Kartu SIM kepada Pelanggan. Tanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan setiap PIN berada di pihak Pelanggan.

 

4. Migrasi atas Kartu SIM akan dilakukan oleh H3I setelah semua persyaratan yang ditetapkan oleh H3I untuk keperluan tersebut telah dipenuhi oleh Pelanggan.

 

5. Apabila Kartu SIM yang diserahkan kepasa Pelanggan hilang, dicuri atau rusak, atau Pelanggan telah menjual atau menghibahkan Kartu SIM­-nya kepada pihak lain, Pelanggan akan tetap bertanggung-jawab atas seluruh Biaya hingga saat dimana Pelanggan meminta H3I untuk memblokir Kartu SIM tersebut atau Perjanjian Pelanggan berakhir sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini. Selain itu, Pelanggan harus segera melaporkan setiap kehilangan, pencurian atau kerusakan atas Kartu SIM yang diserahkan kepadanya kepada bagian Customer Service H3I melalui telepon dan secara tertulis, dan selanjutnya H3I (atas kebijakannya sendiri) akan segera mengganti Kartu SIM yang hilang, dicuri atau rusak tersebut setelah Pelanggan memenuhi seluruh kewajiban pembayaran atas segala Biaya yang terkait dengan hal tersebut sebagaimana akan ditentukan berdasarkan kebijakan H3I.

 

D. Biaya

1. Pelanggan harus membayar seluruh Biaya atas penggunaan jaringan dan/atau jasa layanan telekomunikasi H3I menurut catatan H3I.

 

2. H3I akan mengirimkan tagihan atas pembayaran seluruh Biaya kepada Pelanggan setiap bulan dan dapat mengirimkan perintah pembayaran dalam bentuk tertulis, melalui telepon, atau dengan mengirimkan pesan kepada Pelanggan, dan Pelanggan wajib untuk membayar tagihan tersebut secara penuh dalam waktu yang telah ditentukan.

 

3. Metode pembayaran Biaya dapat dipilih oleh Pelanggan sesuai dengan ketentuan dan fasilitas yang ada. Dengan persetujuan terlebih dahulu dari Pelanggan, H3I dapat memberlakukan biaya atas pembayaran tagihan yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit apabila Pelanggan memilih untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau melalui pemotongan langsung (debit) rekening bank, dan oleh karena itu Pelanggan dengan ini memberi kewenangan kepada H3I untuk membebankan seluruh Biaya berikut biaya tambahan dan/atau pajak terkait (apabila ada) terkait dengan penggunaan layanan telekomunikasi H3I oleh Pelanggan.

 

4. Apabila pelanggan lalai melakukan pembayaran atas seluruh Biaya secara tepat waktu, maka Pelanggan dianggap telah melanggar Perjanjian Pelanggan dan karenanya H3I dapat membatasi atau memutuskan akses Pelanggan kepada jaringan dan jasa layanan telekomunikasi H3I untuk sementara atau secara permanen. Namun demikian, Pelanggan tetap berkewajiban untuk memenuhi seluruh kewajibannya termasuk melakukan pembayaran atas seluruh kewajiban pembayarannya yang tertunggak kepada H3I, termasuk setiap biaya atas keterlambatan pembayaran tersebut apabila ada. Apabila setelah H3I melakukan pembatasan atau pemutusan akses Pelanggan terhadap jaringan dan jasa telekomunikasi H3I secara sementara atau secara permanen, H3I menyetujui untuk memulihkan akses Pelanggan ke jaringan dan jasa telekomunikasi H3I, maka Pelanggan akan diwajibkan untuk rnernbayar seluruh biaya yang timbul untuk pemulihan keterhubungan/koneksi yang dimaksud.

 

5. Pelanggan yang memutuskan keanggotaannya sebagai Pelanggan H3I wajib melunasi seluruh kewajiban pembayarannya menurut Perjanjian Pelanggan, dan Perjanjian ini akan terus berlaku hingga seluruh kewajiban pembayaran tersebut telah dipenuhi oleh Pelanggan.

 

E. Pembatasan atau Pemutusan Akses Pelanggan kepada Jaringan dan Jasa Telekomunikasi H3I

H3I, atas kebijakannya sendiri, dapat melakukan pembatasan atau pemutusan akses Pelanggan ke jaringan dan jasa layanan telekomunikasi H3I secara sementara tanpa pemberitahuan apapun apabila:

 

1. Pelanggan lalai memenuhi ketentuan Perjanjian Pelanggan;

 

2. Pelanggan belum membayar Biaya secara penuh secara tepat waktu;

 

3. H3I memiliki alasan yang wajar untuk meyakini bahwa Pelanggan telah memberikan data atau keterangan palsu atau menyesatkan;

 

4. H3I meyakini bahwa Kartu SIM yang diserahkan kepada Pelanggan telah hilang atau dicuri;

 

5. H3I menerima keluhan yang diajukan oleh Pelanggan atau pihak lain terhadap Pelanggan, yang kebenarannya dapat dibuktikan oleh H3I;

 

6. H3I diminta/diwajibkan oleh suatu layanan darurat atau pihak yang berwenang (termasuk pemerintah pusat/daerah dan/atau militer);

 

7. Diperlukan untuk mempertahankan standar dari jasa atau integritas dari jaringan, telekomunikasi H3I; Menurut pendapat yang wajar dari H3I, terdapat atau telah dilakukan penggunaan atau pemanfaatan layanan telekomunikasi H3I atau perlengkapan terkait secara tidak sah atau melanggar hukum, ceroboh atau tidak wajar oleh Pelanggan;

 

8. Pelanggan telah melampaui batas maksimum Biaya yang telah ditentukan untuknya;

 

9. H3I berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini.

 

F. Pengakhiran Perjanjian Pelanggan

H3I dapat mengakhiri Perjanjian Pelanggan apabila terjadi salah satu dari hal-hal berikut:

 

1. Pelanggan lalai memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh H3I dalam kaitannya dengan penggunaan jaringan dan/atau jasa layanan telekomunikasi H3I atau lalai memenuhi kewajiban Pelanggan berdasarkan Perjanjian Pelanggan.

 

2. Setelah Hutchsion melakukan pembatasan atau pemutusan akses Pelanggan kepada jaringan dan jasa layanan telekomunikasi H3I secara sementara, Pelanggan tetap tidak memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian Pelanggan.

 

3. Pelanggan jatuh pailit dilikuidasi, di bawah pengampuan, dikelola oleh pengurus atau kurator, atau dipandang tidak mampu memenuhi kewajiban pembayarannya pada saat jatuh tempo.

 

4. Dalam hal Pelanggan adalah perorangan (dan atas permintaan ahli warisnya) Pelanggan meninggal dunia atau terjadi keadaan memaksa.

 

5. H3I memiliki alasan yang wajar untuk meyakini bahwa penggunaan oleh Pelanggan atas jaringan dan atau jasa layanan telekomunikasi H3I, telah atau akan atau dapat membahayakan kegiatan operasional H3I, jaringan telekomunikasi H3I atau kepentingan, keamanan atau ketertiban umum.

 

Apabila H3I mengakhiri Perjanjian Pelanggan karena alasan-alasan yang dimuat dalam bagian F.1 di atas, maka:

 

1. Seluruh layanan jaringan dan jasa layanan telekomunikasi H3I kepada Pelanggan akan berakhir dan Pelanggan tidak akan dapat menggunakan jaringan dan jasa layanan telekomunikasi H3I.

 

2. Seluruh kewajiban pembayaran Pelanggan berdasarkan Perjanjian Pelanggan menjadi jatuh tempo dan Pelanggan harus segera membayar seluruh Biaya yang jatuh tempo tersebut.

 

3. Setiap Biaya yang telah dibayar dimuka akan menjadi hangus dan tidak dapat dikembalikan.

 

G. Pembatasan dan Keadaan Memaksa

1. H3I tidak akan bertanggungjawab kepada Pelanggan atau pihak ketiga manapun atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh Pelanggan dan atau yang bukan diakibatkan secara langsung oleh kesalahan H3I dan atau yang disebabkan karena Keadaan Memaksa. "Keadaan Memaksa" adalah suatu keadaan yang berada di luar kendali H3I, terrnasuk tetapi tidak terbatas pada tindakan Tuhan, wabah penyakit, kebakaran, gempa bumi badai, banjir atau bencana atau lainnya, ancaman akan pecahnya perang, huru hara atau tindak kerusuhan lainnya, perselisihan industrial, pemadaman listrik, kerusakan saluran telepon, tindakan pihak lain yang mengakibatkan atau keadaan dimana H3I tidak dapat rnemberikan pelayanan yang semestinya kepada Pelanggan atau adanya larangan yang diberlakukan oleh pemerintah.

 

2. Pelanggan mungkin dapat menggunakan layanan telekomunikasi H3I untuk (i) mengakses Content yang tidak disiapkan atau tidak berada di bawah kendali H3I, dan/atau (ii) melakukan upload atau mentransmisikan Content, namun demikian Pelanggan akan bertanggungjawab penuh atas setiap akibat yang ditimbulkannya dan H3I dibebaskan dari tanggung jawab apapun atas hal ini.

 

3. H3I tidak bertanggungjawab atas setiap tuntutan mengenai penggunaan Kartu SIM atau pelayanannya atau penggunaan telepon seluler atau perangkat lainnya yang berkaitan dengan jasa yang diberikannya, dan atas setiap cidera fisik, resiko kesehatan atau kerusakan lainnya yang diakibatkan dari hal tersebut yang menimpa Pelanggan atau pihak lain.

 

4. Ketentuan bagian F ini akan tetap berlaku bahkan setelah Perjanjian Pelanggan berakhir.

 

H. Ketentuan-ketentuan Lainnya

1. Apabila salah satu ketentuan dan/atau syarat-syarat dalam Perjanjian Pelanggan menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan secara sah maka ketentuan-ketentuan lainnya tidak akan terpengaruh.

 

2. Perjanjian ini tunduk pada ketentuan hukum negara Republik Indonesia.

 

3. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan atau pelaksanaan ketentuan Perjanjian ini, Pelanggan dan H3I sepakat untuk terlebih dahulu menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak berhasil untuk menyelesaikan masalah antara para pihak, maka Pelanggan dan H3I sepakat untuk memilih domisili hukum yang tetap di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Customer Service H3I.

↑ Back to Top