About Sebangsa
FAQ
  • Sebangsa, a social media platform made in Indonesia, launched in 2015 and currently has more than 30,000 users. Google PlayStore selected Sebangsa as one of the 10 Best Android applications of 2015. In the beginning of 2016, Sebangsa is honored to be one of the three local OTTs to be supported by ATSI & Kominfo. Starting in 2016, Sebangsa focuses itself as Indonesia's social media for communities. Sebangsa initiated the Bangkit Komunitas 2016 movement, showing its commitment for building Indonesian communities. Sebangsa apps can be downloaded for Android smartphone in http://sbgs.in/android or for iPhone in http://sbgs.in/ios or accessed via web in www.sebangsa.com
    1. Apakah aplikasi Sebangsa itu?
      Sebangsa adalah layanan media sosial asli buatan Indonesia yang hadir sejak tahun 2015 dengan jumlah pengguna lebih dari 30,000. Google Play Store telah memilih Sebangsa sebagai salah satu aplikasi terbaik versi android di penghujung 2015. Sementara di awal 2016, Sebangsa kembali menorehkan prestasi dengan terpilih sebagai 1 dari 3 OTT lokal yang didukung oleh ATSI & KOMINFO. Di 2016, Sebangsa memfokuskan diri sebagai media sosialnya komunitas Indonesia. Komitmen Sebangsa untuk membangun komunitas Indonesia ditandai dengan menginisiasi gerakan Bangkit Komunitas 2016. Aplikasi Sebangsa dapat diunduh untuk smartphone Android di http://sbgs.in/android atau iPhone di http://sbgs.in/ios ataupun digunakan via web di alamat www.sebangsa.com
       
    2. Bagaimana cara menggunakan Sebangsa?
      Untuk menggunakan Sebangsa, terlebih dahulu download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Sebangsa juga bisa diakses lewat web di www.sebangsa.com. Setelah itu, lakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun Sebangsa.
       
    3. Bagaimana cara melakukan pendaftaran Sebangsa?
      Mendaftar untuk mendapatkan akun Sebangsa bisa dengan mengisi Form di halaman depan Web sebangsa.com atau memilih tombol register pada saat membuka aplikasi Sebangsa pertamakali.
       
    4. Saya bingung menggunakan Sebangsa. Bagaimana caranya?
      Sebangsa dilengkapi dengan User Onboarding untuk membantu kamu untuk mulai beraktivitas di Sebangsa dan memanfaatkan fitur-fitur Sebangsa. User Onboarding akan otomatis terlihat ketika kamu menyelesaikan pendaftaran akun Sebangsa.
       
    5. Saya sudah menyelesaikan User Onboarding tapi masih bingung menggunakan Sebangsa
      Kamu bisa mulai mencoba fitur-fitur Sebangsa sebagai berikut :


      Linimasa
      Linimasa atau timeline adalah kumpulan postingan yang tersusun secara kronologis.
      Linimasa di Sebangsa terdiri dari 4 macam, yaitu:
      1. Linimasa Beranda yang terdiri atas Linimasa Akun, Komunitas dan Suara Konsumen
      2. Linimasa Profil
      3. Linimasa Tagar
      4. Linimasa Lokasi
       
      1. Linimasa Beranda
      Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke halaman beranda dengan jenis tampilan linimasa.
      Jenis tampilan linimasa terdiri dari:
       
      1.1. Linimasa Komunitas
      Linimasa Komunitas di Beranda berisi postingan dari komunitas yang kamu ikuti. Untuk memudahkan pengguna terdapat filter komunitas, jadi jika kamu ingin menampilkan linimasa dari sebuah komunitas kamu bisa memanfaatkan fitur filter tersebut.
       
      1.2. Linimasa Akun
      Postingan Publik yang kamu buat akan terlihat di Linimasa Akun yang dimiliki oleh akun-akun yang mengikuti kamu.
      Postingan Publik yang dibuat oleh akun-akun yang kamu ikuti akan terlihat di Linimasa Akunmu.
      Selain itu pada Linimasa Akun jika ada yang menyebut kamu di dalam sebuah postingan walaupun kamu tidak mengikuti akun pembuat postingan maka postingan itu akan muncul di linimasa publik ini.
       
      1.3. Linimasa Suara Konsumen

      Suara Konsumen berguna apabila kamu hendak menyampaikan keluhan, saran, ulasan terhadap suatu layanan atau produk.
      Linimasa Suara Konsumen di Beranda berisi postingan dari semua akun. Untuk memudahkan pengguna terdapat filter kategori suara konsumen, jadi jika kamu ingin menampilkan linimasa suara konsumen dengan sebuah kategori kamu bisa memanfaatkan fitur filter tersebut.

       

      2. Linimasa Profil
      Linimasa ini dapat ditemui pada halaman profil akun.
       
      3. Linimasa Tagar
      Linimasa ini adalah kumpulan postingan yang mengandung tagar (hashtag) tertentu, contoh:
      Selamat datang di #Sebangsa.
      Pada postingan di atas mengandung tagar #Sebangsa, jika kamu membuka linimasa tagar #Sebangsa Linimasa Tagar maka kamu akan melihat postingan tersebut.
       
      4. Linimasa Lokasi
      Kamu bisa melihat postingan yang berkaitan dengan sebuah lokasi pada halaman ini.
      Di Sebangsa, kamu bisa membuat postingan dengan mencantumkan lokasi kamu, informasi lokasi tersebut akan muncul pada postingan kamu, ketika kamu tap tautan lokasi tersebut kamu akan diarahkan ke linimasa lokasi.
      Selain melalui postingan yang memiliki lokasi, kamu bisa menuju linimasa lokasi dengan mengakses halaman Lokasi Populer dan Terdekat Lokasi Populer dan Terdekat
       
      Konten Postingan
      Kamu bisa membuat postingan dengan konten:
      1. Teks
      2. Gambar
      3. Audio
      4. Dokumen
      5. Lokasi
      6. Stiker
      7. Cuplikan Laman Web
       
      Aktivitas Postingan
      Untuk setiap postingan, kamu bisa :
      1. Menghapus Postingan
      2. Menanggapi Postingan
      3. Menyebar Ulang Postingan
      4. Mengutip Postingan
      5. Mendukung atau Menyanggah Postingan
      6. Memfavoritkan Postingan
      7. Melaporkan Postingan yang kamu anggap tidak pantas ke Administrator Sebangsa
      8. Memasukkan Postingan ke Papan Komunitas
       
      Fitur Japri
      Japri kependekan dari Jalur Pribadi, fitur ini bisa kamu gunakan jika ingin melakukan percakapan secara tertutup dengan pengguna yang lain.
       
      Fitur Berteman
      Sebangsa akan tambah menarik jika kamu mengikuti akun-akun yang lain. Cara mengikuti akun adalah dengan mengklik tombol Ikuti di Web ataupun di versi Mobile.
      Jika kamu sudah mengikuti sebuah akun, maka tombol Mengikuti akan berwarna hijau. Kamu juga bisa berteman apabila kamu dan akun lain saling mengikuti.
      Keuntungan menjadi Teman adalah:
      - Teman bisa saling mengundang untuk gabung ke sebuah komunitas.
      - Bisa dimasukkan ke dalam Jaringan Pesan Panik.
      - Bisa dimasukkan ke dalam Pesan Jaga-jaga.
       
      Fitur Blokir
      Fitur blokir terbagi menjadi 2 tipe:
      - Blokir Akun
      - Blokir Komunitas
       
      Jika Akun A memblokir Akun B, maka:
      Jika awalnya saling mengikuti, maka Akun A dan Akun B tidak saling mengikuti lagi.
      Akun A tidak dapat melihat postingan Akun B dimanapun termasuk pengumuman di komunitas yang dibuat oleh Akun A.
      Ketika Akun B mencari Akun A maka tidak muncul di pencarian dan postingan yang dibuat oleh Akun A tidak muncul di hasil pencarian.
      Jika Akun B membuka profil Akun A akan muncul keterangan "Anda tidak diizinkan melihat semua aktifitas Akun A".
      Akun A masih bisa melakukan pencarian Akun B beserta postingan yang dibuat oleh Akun B.
      Akun A masih bisa melihat profil Akun B.
       
      Jika Akun A memblokir komunitas +AbalAbal maka :
      Akun A tidak dapat melihat postingan dari komunitas +AbalAbal yang diblokir.
      Akun A tidak dapat diundang ke komunitas +AbalAbal.
      Komunitas +AbalAbal tidak akan terlihat oleh Akun A pada pencarian.
      Untuk melihat daftar komunitas yang diblokir baca dokumentasi berikut Daftar Komunitas Terblokir.
       
      Fitur Bisu
      Pada suatu waktu kamu merasa terganggu dengan postingan dari sebuah akun tapi masih tetap ingin mengikuti akun tersebut. Dengan kondisi itu kamu bisa menggunakan fitur Bisu.
      Akun yang kamu bisukan tidak tahu jika kamu membisukan akun tersebut.
       
      Akun A membisukan Akun B maka :
      Akun A tidak dapat melihat postingan dari Akun B di semua linimasa (Akun, Komunitas, Lokasi, Tagar, dan Suara Konsumen)
      Akun A dan Akun B masih bisa saling mengirimkan Japri, pesan jaga-jaga dan pesan panik.
      Akun A masih bisa menyebut Akun B.
      Akun A masih bisa melihat postingan di halaman Linimasa Profil dan halaman Postingan yang dibuat oleh Akun B.
       
      Komunitas
      Komunitas sama seperti grup. Di Sebangsa, Komunitas memiliki fitur:
      1. Profil
      2. Pengaturan
      3. Kebijakan
      4. Ubah Kepemilikan
      5. Pemilik, Admin, Petugas dan Anggota
      6. Papan Pengumuman
      7. Terbuka
      8. Tertutup
      9. Ruang
      10. Acara
      11. Multimedia & Dokumen
      12. Permintaan Bergabung
       
      Profil
      Profil komunitas terdiri dari:
      1. Nama Komunitas
      2. Topik
      3. Logo
      4. Gambar Utama (header profile)
      5. Deskripsi
      *Yang bisa memodifikasi profil komunitas hanya Pemilik dan Admin.
       
      Pengaturan
      Kebijakan
      Komunitas memiliki kebijakan-kebijakan, yaitu:
      1. Terlihat (Visibility) memiliki 2 pilihan, yaitu:
      Terlihat / ON
      Tidak Terlihat / OFF
      Jika kebijakan Tidak Terlihat/OFF maka komunitas tidak akan muncul pada hasil pencarian dan tidak muncul pada daftar komunitas yang kamu ikuti.
       
      2. Tipe Postingan memiliki 2 pilihan, yaitu:
      Terbuka
      Tertutup
      Jika kebijakan Tertutup maka setiap postingan komunitas tidak bisa dibagi ulang / dikutip.
       
      3. Undangan memiliki 2 pilihan, yaitu:
      Hanya Admin
      Semua Anggota
      Jika kebijakan Hanya Admin maka hanya pemilik dan admin yang bisa mengundang akun lain untuk gabung ke komunitas.
       
      4. Bergabung memiliki 2 pilihan, yaitu:
      Persetujuan Admin
      Terbuka
      Jika kebijakan Persetujuan Admin maka hanya Pemilik dan Admin yang bisa mengundang akun lain untuk gabung ke komunitas.
       
      5. Pembuat Postingan Baru memiliki 3 pilihan, yaitu:
      Semua Anggota
      Pemilik & Admin
      Pemilik, Admin & Petugas
      Yang dimaksud dengan Postingan Baru adalah postingan utama, sedangkan tanggapan tidak terpengaruh dengan kebijakan ini.
      *Yang bisa memodifikasi kebijakan komunitas hanya Pemilik dan Admin.
       
      Ubah Kepemilikan
      Jika kamu sebagai pemilik sebuah komunitas ingin menyerahkan kepemilikan komunitas ke anggota maka kamu bisa menggunakan fitur ini.
      Syarat untuk menyerahkan kepemilikan komunitas adalah komunitas tersebut harus memiliki minimal 1 Admin.
      *Yang bisa mengubah kepemilikan komunitas hanya Pemilik.
       
      Pemilik, Admin, Petugas dan Anggota
      Pemilik adalah pengguna yang membuat komunitas.
      Admin adalah anggota komunitas yang ditunjuk oleh Pemilik untuk mengelola komunitas.
      Petugas adalah anggota komunitas yang memiliki hak untuk mebuat postingan baru.
      Peran Petugas akan terlihat jika komunitas memiliki kebijakan Pembuat Postingan Baru hanya Pemilik/Admin/Petugas.
      Anggota adalah pengguna yang tergabung di komunitas.
       
      Papan Pengumuman
      Fitur Papan Pengumuman disediakan untuk komunitas sebagai kumpulan postingan yang memiliki informasi yang penting.
      Postingan yang dimasukkan ke Papan Pengumuman akan di-siarkan ke seluruh anggota komunitas.
      *Yang bisa memasukkan sebuah postingan ke Pengumuman hanya Pemilik dan Admin.
       
      Jenis Pengumuman terbari 2, yaitu:
      1. Terbuka
      Postingan yang masuk ke dalam Pengumuman Terbuka bisa terlihat oleh pengguna lain yang bukan anggota komunitas.
      2. Tertutup
      Postingan yang masuk ke dalam Pengumuman Tertutup hanya bisa terlihat oleh anggota komunitas.
       
      Ruang
      Ruang pada komunitas berfungsi sebagai kategorisasi percakapan.
      Contoh: Komunitas +KomunitaID memiliki ruang Diskusi Umum, Tips ala Komunitas dan Diskusi online. Dengan 3 ruang tersebut maka jika ada anggota ingin berbagi tips cara membangun komunitas dari nol bisa menentukan postingan tersebut masuk ke ruang Tips ala Komunitas.
      *Yang bisa memodifikasi ruang komunitas hanya Pemilik dan Admin.
       
      Acara
      Fitur Acara bisa kamu manfaatkan untuk membuat kegiatan.
      Anggota yang membuat acara akan masuk ke daftar acara komunitas jika Pemilik atau Admin menyetujui acara tersebut. Jika tidak disetujui maka acara akan hilang.
       
      Multimedia & Dokumen
      Fitur ini adalah kumpulan gambar, audio dan dokumen yang pernah dibagi di komunitas.
       
      Permintaan Bergabung
      Jika komunitas memiliki kebijakan pengguna yang ingin bergabung perlu persetujuan Pemilik atau Admin, maka setiap pengguna yang mengajukan permintaan akan muncul di halaman ini.
       
      Membuat Komunitas
      Untuk membuat komunitas ikuti 6 langkah mudah berikut:
      1. Masuk Menu Utama
      2. Pilih Topik.
      3. Lengkapi Data Komunitas.
      4. Atur Kebijakan Komunitas.
      5. Undang teman kamu untuk bergabung.
      6. Selesai
      Kamu akan diarahkan ke halaman depan komunitas yang barusan kamu buat.
       
    6. Bagaimana Cara mendapatkan tanda verifikasi?
      Saat ini tanda ini belum terbuka untuk umum
       
    7. Notifikasi Sebangsa pada Android tidak muncul
      Silakan logout dari aplikasi dan kemudian login kembali
       
    8. Bagaimana mematikan notifikasi email?
      Cek pengaturan notifikasi di Web atau di Mobile

↑ Back to Top