Languages

Overview
FAQ
  • Private dan Aman
    Berbagi konten dengan aman hanya dengan orang yang Anda kenal.
     
    Berbagi File Besar
    Berbagi file besar dengan mudah dan bebas tanpa ada kekhawatiran.
     
    Terhubung Lebih Baik
    Temukan grup yang lebih besar dan berkomunikasi lebih baik dengan teman-teman Anda.
     
    Dukungan Berdedikasi
    Mengalami masalah dengan aplikasi Anda? Dukungan
  • Pendaftaran dan Masuk
     
    1. Kenapa saya gagal melakukan pendaftaran di catfiz messenger?
      Ada beberapa penyebab pengguna gagal melakukan registrasi di catfiz messenger. Diantaranya,
      1. Koneksi internet buruk, cobalah periksa kembali jaringan internet anda. Pastikan koneksi internet tidak bermasalah.
      2. Alamat email yang didaftarkan tidak valid (tidak sesuai dengan standard penulisan email). email yang valid misal tyo@gmail.com, tyo@yahoo.com dll.
      3. Alamat email sudah pernah didaftarkan. pastikan email yang anda tulis belum pernah didaftarkan.
      4. Field/kotak email dan konfirmasi email tidak sama. cek kembali dan pastikan sama.
       
    2. Apa itu migrasi?
      Merupakan perpindahan akun dari catfiz messenger versi 1 ke catfiz messenger versi 2. Proses migrasi hanya dapat dilakukan oleh pengguna lama yang memiliki akun di catfiz messenger versi 1. Migrasi dapat dilakukan jika aplikasi catfiz messenger versi 1 masih terinstall di perangkat pengguna.
      Dengan melakukan migrasi, pengguna catfiz messenger versi 1 akan mendapatkan kembali akun lamanya beserta semua daftar teman.
      Migrasi dapat dilakukan dengan cara,
      1. Download catfiz messenger versi 2 di playstore.
      2. Sebelum menginstall versi 2, pastikan catfiz messenger versi 1 masih terinstall di perangkat anda.
      3. Install catfiz messenger versi 2 (tanpa harus uninstall catfiz versi 1).
      4. Masukkan alamat email dan password baru untuk akun anda.
      5. Jika proses registrasi berhasil, pengguna bisa menggunakan catfiz messenger versi 2 dengan akun lama.
       
    3. Bagaimana jika saya ingin masuk tapi lupa kata sandi?
      Catfiz messenger menyediakan menu Lupa Kata Sandi. Dimana menu tersebut dapat membantu pengguna yang lupa kata sandi ketika ingin masuk.
      Berikut langkah-langkah jika lupa kata sandi,
      1. Pilih tombol Masuk di halaman pendaftaran.
      2. Pilih Lupa Kata Sandi.
      3. Masukkan alamat email yang terdaftar pada akun anda. sistem akan mengirimkan kode reset sandi ke email tersebut.
      4. Check email anda.
      5. Masukkan kode reset sandi.
      6. Tulis kata sandi baru.
      7. Pilih tombol UBAH.
      8. Pengguna bisa langsung login menggunakan email yang terdaftar dengan kata sandi baru yang sudah berhasil diubah.
       
    4. Kenapa saya tidak menerima kode reset sandi ?
      Jika anda tidak menerima kode reset sandi, anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut,
      1. Segarkan kembali email anda. Kemungkinan email yang berisikan kode reset kata sandi masih dalam proses pengiriman.
      2. Coba periksa folder spam. Kemungkinan email yang berisikan kode reset sandi masuk di folder spam.
      3. Jika masih belum ditemukan, coba kirim kembali kode reset sandi ke email anda.
      Pada form reset kata sandi, klik BATAL -> Periksa kembali alamat email anda ->klik BERIKUTNYA -> Klik KIRIM.
       
    5. Kenapa setelah saya registrasi di versi 2, akun saya menjadi akun baru dan daftar teman saya di versi 1 hilang semua?
      Kembali pada pembahasan mengenai Migrasi di atas, bagi pengguna yang memiliki akun di versi 1 tidak melakukan migrasi, maka akun yang lama akan terganti dengan akun baru. Sehingga semua yang ada di akun lama (teman, grup, chat, dll) akan hilang.
       
    6. Bagaimana jika pindah HP?
      Untuk Pindah HP, pengguna bisa langsung masuk mengunakan email dan Sandi yang terdaftar di HP sebelumnya. maka akun di HP sebelumnya akan otomatis keluar (terlogout). Hal tersebut dikarenakan 1 akun hanya dapat digunakan untuk 1 perangkat (HP).
       
    7. Bisakah saya menggunakan akun yang sama di beberapa perangkat?
      1 akun hanya dapat digunakan pada 1 perangkat. Jika pengguna mencoba untuk masuk di beberapa perangkat, akun tersebut hanya akan aktif pada perangkat yang terakhir kali memasukkan email dan kata sandi (login).

     

    Pertemanan
     
    1. Kenapa gagal menambahkan teman menggunakan pindai QR Code?
      Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menambahkan teman menggunakan pindai QR Code. diantaranya,
      1. Pastikan QR Code merupakan QR Code dari catfiz messenger.
      2. Pastikan autofocus kamera perangkat anda aktif/on.
      3. Letakkan QR Code teman (yang akan dipindai) berada di dalam kotak untuk pindai QR Code.
      4. Letakkan QR Code teman lebih dekat dengan kamera perangkat anda.
       
    2. Berapa jumlah maksimal teman yang bisa ditambahkan?
      Tak terbatas. Pengguna bisa menambahkan teman sebanyak-banyaknya di catfiz messenger.
       
    3. Bagaimana menambahkan teman dari anggota group?
      1. Buka profil grup.
      2. Pilih teman yang akan ditambahkan dari daftar anggota grup.
      3. Pilih menu( ) di pojok kanan nama anggota.
      4. Pilih Tambahkan Sebagai Teman.
       
    4. Bagaimana menambahkan teman dari kiriman rekomendasi teman?
      1. Tap contact yang dikirim ke ruang obrolan.
      2. Klik TAMBAHKAN untuk menambakan teman.
      3. Atau klik TAMBAHKAN SEMUA untuk menambahkan semua daftar kontak yang dikirimkan.
       
    5. Bagaimana menolak ditambahkan sebagai teman ?
      1. Tap teman dari daftar permintaan pertemanan.
      2. Pilih TOLAK untuk menolak ditambahkan teman.
      3. Pilih BLOK untuk blok NIC. Sehingga anda tidak akan menerima permintaan pertemanan dari teman tersebut.
      Pengaturan → Daftar blok → menu (:) → Blok NIC
       
    6. Bagaimana cara blokir teman dari daftar teman?
      Blok teman
      1. Buka halaman daftar teman.
      2. Pilih teman yang akan diblok dari daftar teman (tap lama).
      3. Pilih Blok.
      4. Klik BLOK pada pesan konfirmasi blok teman.
      Hapus blok teman
      1. Tap profil anda di halaman utama.
      2. Pilih Pengaturan.
      3. Pilih Daftar blok.
      4. Pilih teman yang akan dihapus dari daftar blok (tap teman).
      5. Pilih Hapus Blok.
       
    7. Bagaimana cara menghapus teman ?
      1. Buka halaman daftar teman.
      2. Pilih teman yang akan dihapus dari daftar teman (tap lama).
      3. Pilih Hapus Teman.
      4. Tap HAPUS TEMAN pada pesan konfirmasi hapus teman.
      Teman yang sudah dihapus, akan hilang dari daftar pertemanan. Jika ingin berkomunikasi dengan teman yang sudah dihapus, pengguna harus menambahkan kembali teman tersebut.
       
    8. Bagaimana cara mengembalikan teman yang terhapus?
      Teman yang sudah dihapus dari daftar teman tidak bisa dikembalikan ke daftar teman. Pengguna hanya bisa menambahkan teman tersebut kembali.
      1. Menambahkan teman dengan menuliskan Username.
      2. Menambahkan teman dengan pindai QR Code.
      3. Menambahkan teman dengan mengirimkan undangan melalui aplikasi lainnya.
       
    9. Bagaimana cara mengubah nama teman ?
      1. Buka profil teman.
      2. Tap menu( ) di profil teman.
      3. Pilih Sunting Alias.
      4. Ubah nama teman.
      5. Tap SIMPAN.

     

    Grup
     
    1. Bagaimana cara membuat grup baru ?
      1. Tap icon (+) di pojok kanan bawah tab chat.
      2. Pilih Create New Group.
      3. Ganti gambar profil grup.
      4. Tulis Nama Grup.
      5. Centang pada "Grup Tertutup" jika ingin membuat grup dimana hanya anda (pemilik grup) yang bisa menjadi admin.
      6. Tap BUAT.
       
    2. Berapa jumlah teman yang bisa diundang ke grup ?
      Admin grup bisa menambahkan anggota sampai dengan 2000 anggota.
       
    3. Bagaimana meninggalkan grup?
      1. Buka profil grup.
      2. Tap menu ( ) di profil grup.
      3. Pilih Keluar Grup.
      4. Pilih KELUAR pada pesan konfirmasi keluar grup. Hanya anggota grup yang bisa meninggalkan grup.
       
    4. Bagaimana cara menghapus anggota grup?
      1. Buka profil grup.
      2. Pilih teman yang akan dihapus dari daftar anggota grup.
      3. Pilih menu ( ) di sebelah kanan nama anggota.
      4. Pilih Keluarkan dari Grup
       
    5. Bagaimana cara menghapus grup?
      1. Buka profil grup.
      2. Tap menu ( ) di profil grup.
      3. Pilih Hapus Grup.
      4. Tab HAPUS di pesan konfirmasi hapus grup.
      Hapus grup hanya dapat dilakukan oleh (owner) pemilik grup.

     

    Akun
     
    1. Bagaimana mengganti email akun ?
      Alamat email yang sudah didaftarkan di catfiz messenger tidak dapat diperbarui. untuk memastikan email yang digunakan dapat dilihat di,
      1. Tap Profil anda di halaman utama.
      2. Pilih Pengaturan.
      3. Tap Akun Anda.
      4. Alamat email yang terdaftar dapat dilihat di email Akun Terdaftar.
       
    2. Bagaimana mengganti password akun ?
      1. Tap Profil anda di halaman utama.
      2. Pilih Pengaturan.
      3. Tap Akun Anda.
      4. Tap Sandi.
      5. Untuk mengubah kata sandi, pengguna dapat menggunakan kode reset sandi yang akan dikirimkan ke email anda.
      6. Klik Kirim.
      7. Masukkan kode reset sandi yang dikirim ke email anda.
      8. Masukkan kata sandi baru.
      9. Klik Ubah.
       
    3. Bagaimana mengganti username ?
      Username di catfiz messenger tidak dapat diperbarui. satu pengguna hanya dapat memiliki satu username. Untuk memastikan username pengguna dapat dilihat di,
      1. Tap Profil anda di halaman utama.
      2. Pilih Pengaturan.
      3. Tap Akun Anda.
      4. Username anda dapat dilihat di menu Username.
      Selain melalui pengaturan, username anda juga muncul di halaman profil anda.

     

    Obrolan
     
    Masalah dalam pengiriman pesan.
     
    1. Kenapa pesan yang saya kirim tertunda?
      1. Pastikan jaringan internet anda tidak bermasalah.
      2. Ada kemungkinan pesan anda sudah terkirim, namun anda belum menerima respon dari sistem bahwa pesan anda sudah terkirim. tunggulah beberapa saat, sistem akan merubah status pesan anda.
       
    2. Kenapa pesan saya gagal dikirim?
      1. Pastikan jaringan internet di perangkat anda tidak bermasalah.
      2. Pastikan teks, ataupun berkas yang anda kirimkan tidak bermasalah. berkas yang dikirim merupakan format yang benar (misal, jpg, png, untuk berkas berupa gambar) dll.
      3. Kemungkinan sistem android telah memberhentikan proses pengiriman anda.
      Anda bisa mengirimkan ulang pesan anda yang gagal dengan menu Kirim ulang di ruang obrolan.
       
    3. Kenapa status pesan saya masih "terkirim" sedangkan saya sudah menerima balasan dari teman saya?
      1. Kemungkinan disaat anda mengirim pesan, koneksi internet anda menghilang, sehingga ketika sistem akan mengirimkan respon mengenai status pesan anda, terputus karena koneksi internet anda.
      2. Tunggu beberapa saat, sistem akan memperbarui status pengiriman pesan anda.
       
    4. Kenapa saya gagal unggah berkas?
      1. Jaringan internet buruk. Pastikan tidak ada masalah pada jaringan internet anda saat mengunggah berkas.
      2. Berkas tidak valid. Pastikan berkas yang anda kirimkan valid.(misal format jpg, png untuk gambar dll).
      3. Berkas rusak. Pastikan berkas yang anda kirimkan tidak rusak.

     

    Masalah dalam penerimaan pesan.
     
    1. Kenapa pesan yang saya terima tertunda?
      1. Jaringan internet yang buruk. Sehingga menghambat sistem untuk mengirim pesan ke perangkat anda. Pastikan tidak ada masalah pada koneksi internet anda.
      2. Kemungkinan dikarekan jaringan internet anda sebelumnya telah dimatikan. Sehingga perangkat anda membutuhkan waktu untuk menerima pesan yang sudah dikirimkan ke akun catfiz messenger anda.
       
    2. Kenapa saya tidak mendapat pesan dari grup, sendangkan anggota lainnya sudah menerima?
      1. Jika anda anggota baru, anda hanya akan mendapatkan beberapa pesan terakhir dari grup.
      2. Jaringan internet buruk. Dikarenakan sistem tidak bisa menyampaikan pesan yang dikirimkan melalui grup ke perangkat anda.
      3. Jaringan internet pada perangkat anda telah dimatikan pada waktu yang lama.
      4. Anda telah dikeluarkan dari grup. namun sistem akan menampilkan informasi "grup telah dihapus oleh pemilik" jika anda dikeluarkan dari grup.
       
    3. Kenapa saya tidak bisa mengunduh berkas yang dikirimkan oleh teman saya?
      1. Jaringan internet buruk. Pastikan jaringan internet pada perangkat anda tidak ada masalah pada saat mengunduh berkas.
      2. Berkas yang akan diunduh telah rusak.
       
    4. Riwayat obrolan hilang.
      Riwayat semua obrolan akan hilang jika anda telah melakukan hapus data pada perangkat anda ataupun baru masuk (login) pada akun anda. Anda bisa menemukan riwayat obrolan, jika sebelum melakukan clear data telah menyimpan obrolan. Berikut langkah-langkah menyimpan obrolan,
      1. Buka ruang obrolan.
      2. Tap Menu ( ).
      3. Pilih Simpan Obrolan.
      4. Obrolan akan langsung tersimpan di folder catfiz.
       
    5. Dimana saya bisa menemukan obrolan yang tersimpan?
      1. Buka file browser di perangkat anda.
      2. Pilih folder catfiz.
      3. Pilih folder Private.
      4. Pilih folder CF_Private_Conversation.
      5. Pilih riwayat obrolan. riwayat obrolan yang tersimpan berbentuk file.txt.
       
    6. Berapakah jumlah maksimal penerima pesan siaran ?
      Jumlah penerima pesan siaran di catfiz messenger tidak terbatas sebanyak daftar teman di akun anda. sehingga anda bisa mengirimkan pesan siaran ke semua teman anda.
       
    7. Bagaimana menonaktifkan notifikasi pesan masuk di oborlan pribadi dan grup?
      1. Buka profil (grup).
      2. Tap icon "lonceng" di bagian atas profil grup. Hingga muncul notifikasi Mode Hening Hidup
      Untuk mengaktifkan notifikasi pesan masuk, tap kembali icon "lonceng" hingga muncul notifikasi Mode Hening Mati.
      Untuk saat ini, catfiz hanya menyediakan menu nonaktif untuk obrolan grup.

     

    Pembaruan
     
    1. Pembaruan apa saja yang muncul di tab "PEMBARUAN";?
      1. Pembaruan gambar profil anda dan teman-teman anda.
      2. Pembaruan status anda dan teman-teman anda.
      3. Pembaruan nama anda dan teman-teman anda.
      Pembaruan nama teman akan muncul di tab pembaruan jika anda melakukan pengaturan untuk menerima pembaruan nama teman.
      1. Tap Profil anda di halaman utama.
      2. Pilih Pengaturan.
      3. Tap Pembaruan.
      4. Beri centang pada "Tampilkan Perubahan Nama Teman".
       
    2. Bagaimana jika saya tidak ingin menerima pemberitahuan teman saya?
      Hanya pembaruan mengenai Pembaruan nama teman yang bisa untuk tidak ditampilkan di tab pembaruan. Anda akan tetap menerima pemberitahuan teman seperti pembaruan gambar profil dan status teman kecuali,
      1. Teman terblok.
      2. Teman dihapus dari daftar pertemanan.
       
    3. Bagaimana jika saya tidak ingin orang lain mengetahui pembaruan saya?
      Catfiz messenger masih belum menyediakan layanan untuk memblok pembaruan.
       
    4. Bagaimana saya mengetahui bahwa ada teman yang mengirim "suka" dan "komentar" di status saya?
      1. Untuk mengetahui ada teman yang mengirim suka di status anda, dapat dilihat di halaman utama dengan muncul icon (love) di gambar profil anda.
      2. Untuk mengetahui ada teman yang mengirim komentar di status anda, dapat dilihat di halaman utama dengan muncul angka (yang menunjukkan jumlah komentar) di gambar profil anda.
       
    5. Bagaimana mengirim "suka" dan "komentar" ?
      1. Tap icon suka ( )di status teman untuk mengirim suka.
      2. Tap icon komentar ( )di status teman untuk mengirim komentar. Kemudian tulis komentar yang akan dikirim.
       
    6. Bagaimana mengetahui ada "komentar" dan "suka" terbaru di status teman ?
      1. Warna biru untuk komentar terbaru.
      2. Warna merah untuk jumlah suka terbaru.
       
    7. Bagaimana masuk ke profil teman ?
      Tap pada nama icon gambar profil teman di halaman PEMBARUAN. Anda akan langsung dibawa menuju halaman profil teman tersebut.
       
    8. Bagaimana menyalin status teman?
      1. Buka halaman profil teman.
      2. Tap menu ( ) di profil teman.
      3. Pilih Salin Status.
       
    9. Bagaimana menyalin atau menghapus komentar di status?
      1. Buka halaman profil teman / tap icon komentar di status teman.
      2. Tap lama pada komentar yang akan disalin / dihapus.
      3. Pilih Salin Komentar untuk menyalin komentar teman.
      4. Pilih Hapus Komentar untuk menghapus komentar teman.
      Selain dapat menyalin dan menghapus komentar teman, anda juga dapat mengutip komentar di status teman.
      1. Buka halaman profil teman / tap icon komentar di status teman.
      2. Tap lama pada komentar yang akan disalin / dihapus.
      3. Pilih Kutip Komentar untuk mengutip komentar teman.
       
    10. Bagaimana menghapus "suka" di status teman?
      1. Tap kembali icon love di status teman.
      2. Icon love akan berubah warna dari merah menjadi abu-abu

     

    Keamanan
     
    1. Apakah orang lain bisa melihat tanggal lahir saya?
      Teman tidak bisa melihat tanggal lahir anda. Teman anda hanya dapat melihat informasi mengenai gambar profil, nama pengguna, username id, status, like dan komen, dan qrcode teman.
       
    2. Apakah obrolan pribadi saya bisa dilihat oleh orang lain?
      Obrolan pribadi anda dengan teman, tidak bisa dilihat oleh orang lain. kecuali perangkat telah pindah tangan dan anda belum keluar dari akun catfiz messenger.
       
    3. Apakah orang lain bisa melihat daftar teman saya ?
      Yang dapat pengakses informasi mengenai daftar teman hanya anda sendiri sebagai pemilik akun. teman anda tidak bisa melihat daftar teman anda.
       
    4. Bagaimana jika perangkat saya hilang/dicuri ?
      Anda bisa mencoba untuk masuk ke akun anda melalui perangkat lainnya.
      Secara otomatis, akun catfiz messenger di perangkat lama anda akan keluar dari aplikasi. Anda juga bisa melapor ke support@catfiz.com untuk memblokir akun anda.
     
     
    CONTACT CUSTOMER SERVICE
    phone : (031) 5354113 email : support@catfiz.com

↑ Back to Top